Mukhoyam Citra Alam Riferside Bogor
Jakarta, (24 dan 25 Oktober 2019)
SDIT Ar Rahman Mengadakan kegiatan tahunan yaitu mukhoyam yang setiap tahunnya diikuti oleh kelas tinggi yaitu kelas 4 dan kelas 5, jumlah peserta 159 siswa yang turut dalam kegiatan ini. dan terbagi menjadi 19 regu terdiri dari 10 regu Perempuan, 9 regu laki - laki. Dalam kegiatan ini didampingi sebanyak 25 guru dan Farhaj,S.Pd. dan Heni Lia Retunintias,S.Pd. ditunjuk sebagai PJ atau Penanggung Jawab Kegiatan.
Dalam acara ini terdapat beberapa kegiatan :
1. Lomba
2. Lomba - lomba kepramukaan
- simapor
- Sandi
- Morse
- Pengetahuan Tentang Kepramukaan
3. Funcooking dan Berenang dengan secara bergantian antar siswa laki - laki dan perempuan
4. Api Unggun dan melakukan Upacara Api Unggun di malam Jum'at dan dilanjutkan dengan Pentas seni yel yel yang dibuat oleh tiap regu
5. QiyamulYail dilakukan setelah upacara api unggun
6. Setelah jum'at pagi semua siswa dan pendamping melakukan senam pagi dan sarapan bersama
8. OUTBOND
9. Upacara Penutup Serta pembagian hadiah dan foto bersama
Menurut Farhah,S.Pd
" Ahamdulilah kegiatan mukhoyam 2019 berjalan dengan lancar, anak - anak belajar untuk menjadi insan yang mandiri, terampil dan bertanggungjawab.
Field Trip Kampoeng Horta
Hari Senin, 28 Oktober 2019 ( Kelas 1 dan 2), Hari Rabu, 30 Oktober 2019 ( Kelas 3).
Kegiatan Field Trip 28- 30 Oktober 2019. SDIT AR RAHMAN Jakarta mengadakan kegiatan Field Trip di antara kegiatannya yaitu:
No |
Kegiatan Kelas 1 |
Kegiatankelas 2 |
Kegiatankelas 3 |
1 |
Membuat boneka horta |
Membuat boneka horta |
Membuat boneka horta |
2 |
Membuat telur asin |
terarium |
Membatik |
3 |
Melukis caping |
Fun game dan haling rintang |
Melukis caping |
4 |
Bermain dengan kelinci |
Melukis caping |
Membuat layang layang |
Field trip merupakan kegiatan keluar dari lingkungan sekolah selama satu hari atau lebih. Tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini sebenarnya untuk menghindari murid dari rasa bosan belajar di kelas dan mengajak murid untuk refreshing sejenak dari kegiatan sekolah. Field trip tidak hanya sekedar bersenang-senang, tetapi juga ingin memberikan pelajaran dan pengalaman yang menyenangkan. Diharapkan dengan adanya field trip, murid mampu mengingat dan merekam semua kejadian selama field trip, kemudian dikaitkan dengan pelajaran sekolah. Salah satu satu tempat di Bogor yang bisa menjadi salah satu tempat wisata untuk anak-anak sekolah adalah kampoeng horta
Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan siswa di taman wisata ini, diantaranya :membuat boneka horta, membuat telor asin, ekosistem sawah, bermain dengan kelinci. Semoga dengan kegiatan ini para peserta didik dapat mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat dan menyenangkan.
- TUJUAN KEGIATAN
Adapun tujuan kegiatan Field Trip ini antara lain:
- Menghidari murid dari rasa bosan belajar di kelas dan mengajak murid untuk refresing sejenak dari kegiatan belajar di sekolah.
- Memberikan pelajaran dan pengalaman yang menyenangkan
- Murid mampu mengingat dan merekam semua kegiatan selama Field Trip, kemudian dikaitkan dengan pelajaran sekolah.
- Menambah pengalaman dan pengetahuan semua peserta terutama dalam hal keterampilan.
National Batik Day
Jakarta (2 Oktober 2019), SMPIT Ar Rahman mewajibkan seluruh siswa dan dewan guru serta staf memakai baju batik, dan melakukan foto bersama di lapangan, seluruh peserta mengucapkan selamat hari batik nasional.
Media
{YouTube}F5g7cRW-ERs{/YouTube}Field Trip @ SMPIT Ar Rahman
Jakarta ' Ancol and seaworld' (18 Oktober 2019)
Pada tanggal 18 oktober 2019 SMPIT Ar Rahman mengadakan kegiatan tahunan yaitu fieldtrip,
Peserta yang mengikuti Fieldtrip sebanyak 60 siswa terdiri dari kelas VII dan Kelas VIII dan di dampingi oleh 7 guru termasuk penanggung jawab, dan menggunakan transportasi 2 bus pariwisata. dalam perjalanan membutukkan waktu 20 menit menuju Pantai Ancol dan Sea World. pertama mengunjungi pantai ancol dengan kegiatan game dan bermain di pinggir pantai. dan setelah itu makan bersama di pinggir pantai... Menjelang Dzuhur kita istirahat dan menuju ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah, lalu dilanjut dengan pergi ke seaword sesampai disana kita menjelajahi dan mengenal beraneka ragam makhluk hidup yang hidup dibawah laut. dengan didampingin tourguid para siswa melihat serta secara langsung mengenal tentang nama nama ikan dan asal usulnya.
Dengan respon dan antusias semngat yang tinggi para siswa mengikuti fieldtrip dengan gembira dan menikmati perjalanan dan kegiaatan yang ada didalamnya. dan Retno Anjar Palupi,S.Pd sebagai Penanggung Jawab Fieldtrip mengungkapkan " fieldtrip tahun ini berlangsung seru, asyik, keren, berkesan, dan anak anak mendapat pengetahuan baru di luar lapangan.
SEKILAS TENTANG FIELDTRIP
Kegiatan belajar mengajar tidak selalu dilakukan di dalam ruangan karena hal yang monoton akan membuat anak-anak mudah jenuh dan bosan. Sesekali mereka diajak keluar kelas untuk memahami hal-hal di sekeliling mereka yang berhubungan dengan materi yang selama ini mereka pelajari. Hal ini merupakan penerapan dari metode field trip yaitu merupakan perjalanan yang dilakukan oleh anak-anak untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman secara langsung dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah.
Tujuan utama field trip adalah memberikan pengalaman belajar nyata kepada anak-anak. Karena itulah, biasanya field trip dirancang agar berkaitan dengan kurikulum atau kegiatan belajar anak di kelas. Sekolah biasanya sudah menetapkan tujuan field trip, baik lokasi maupun hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut. Apalagi sifat anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar, nah dengan kegiatan field trip ini diharapkan mampu memenuhi rasa ingin tahu anak.